PASAR PRODUKSI (OUTPUT)



Pasar produksi (pasar output)
Bentuk pasar barang menurut strukturnya
a.       Pasar Persaingan Sempurna (pervect competition Market)
Pasar persaingan sempurna merupakan suatu usaha dari pengusaha atau perorangan yang dilakukan secara bebas dalam rangka menarik langganan. Persaingan akan terjadi jika penjual dan pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif dengan maksud memaksimumkan keunungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Example : beras, gandum, kentang
Pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri :
a.       Jumlah penjual dan pembeli banyak
b.      Barang yang dijual bersifat homogen
c.       Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
d.       Posisi tawar konsumen kuat
e.      Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
f.        Sensitif terhadap perubahan harga
g.       Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar

b.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 yaitu :
a.       Sebagian dari penjual atau pembeli kurang mengetahui kondisi pasar
b.      Penawaran suatu produk mempunyai sifat monopolistik
c.       Produk yang dihasilkan berbeda-beda (heterogen)
d.      Perbedaan reaksi dari penjual dan pembeli atas perubahan permintaan, penawaran dan harga.
e.      Adanya campur tangan pemerintah
1)      Pasar  monopoli
Akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri atas satu produsen atau penjual . example : PLN, PT KAI
Berikut merupakan ciri-ciri asar monopoli
a.       Hanya terdapat satu penjual dan satu produsen
b.      Produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
c.       Monopoli umumnya dijalankan oleh pemerintah pada barang dan jasa yang berepengaruh pada hajat hidup orang banyak
d.      Sangat sulit masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun sumber daya yang sulit di dapat
e.      Hanya ada dua jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
f.        Tidak membutuhkan strategi dan promosi

2)      Pasar oligopoli
Bentuk pasar yang didominasi ole beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area tertentu ex: industri semen di indonesia.
Ciri-ciri pasar oligopoli
a.       Harga produk yang dijual relatif sama
b.      Keunggulan merupakan kunci sukses
c.       Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
d.      Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
e.      Terdapat beberapa penjual yang menguasai pasar
f.        Adanya kebergantungan yang kuat antara perusahaan

3)      Pasar persaingan monopolistik
Terjadi apabila jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang sama atau sejenis. Namun memiliki konsumen yang berbeda-beda antar produsen yang satu dengan yang lain. Ex: makanan ringan, pulpen, minyak gireng

Ciri-ciri pasar monopolistik
a.       Untuk berhasil diperlukan keunggulan bersaing
b.      Merek yang menjad ciri khas produk berbedabeda
c.       Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
d.      Relatif mudah keluar masuk pasar
e.      Terdapat banyak penjual, tetapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurnaterdaat kegiatan promosi

4)      Pasar monopsoni
Adalah pasar yang hanya terdiri atas seorang pembeli. Oleh karena itu, pada pasar monopsoni hanya terdapat satu pembeli dengan banyak penjual.
Ciri-ciri pasar monopsoni
a.       Harga barang tidak terlalu mahal
b.      Kualitas harga terjamin
c.       Produsen merupakan pihak yang kurang menguntungkan
d.      Konsumen merupakan pihak yang diuntunkan

5)      Pasar oligopsoni
Pasar yang dikuasai oleh lebih dari dari dua orang pembeli dengan pemasukan dari sejumlah penjual. Bentuk pasar ini merupakan kebalikan dari pasar oligopoli
Ciri-ciri pasar oligopsoni
a.       Konsumen memiliki pengaruh terhadap harga
b.      Terdiri atas pembeli besar dan pembeli kecil
c.       Merupakan tempat pemusatan pembeli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH SEJARAH KOPERASI DI INDONESIA DAN DI DUNIA

MAKALAH KOPERASI SEKOLAH

MAKALAH AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG