MENGURUS SURAT NUMPANG NIKAH DI JAKARTA CEPAT CUMA 4 HARI!


Assalamualaikum wr wb
So, kali ini aku kepengen ngebahas sesuatu yang mungkin akan dilewati banyak orang ya yaitu tentang mengurus surat nikah khusus di DKI JAKARTA. Aku buat artikel ini, karena beberapa bulan lalu aku cari-cari artikel syarat dan prosedur menikah itu jarang banget ada yang akurat dan benar. Setelah aku jalanin sendiri prosesnya selama 4 hari akhirnya selesai juga dan supaya mempermudah temen-temen pembaca juga dalam mengurus surat dan syarat nikah supaya gak bingung dan bolak balik sana sini kayak aku hehe.
Jadi langsung aja ya, aku ini KTP nya berdomisili di DKI JAKARTA sedangkan aku akan menikah di sebuah kecataman di kabupaten klaten, jawa tengah. So? Aku harus meminta surat rekomendasi numpang nikah dari KUA kecamatan domisili ku untuk menikah di klaten. Aku ini calon mempelai wanita ya dan akan menikah di daerah calon suami ku. Dan karna aku sudah bekerja juga di klaten jadi aku gakbisa lama-lama dong ngurus ini di jakarta karna harus banyak izin.
Jadi, ini dia syarat dan dokumen yang harus kamu lengkapi
1.       Fotocopi KTP
2.       Fotocopi KK
3.       Surat pengantar RT/RW untuk numpang nikah
4.       Surat keterangan belum menikah dari kelurahan yang ditanda tangani RT dan RW / 2 lembar asli
5.       Sertifikat layak kawin dan kartu imunisasi dari puskesmas setempat
6.       N1, N2, N4
7.       Surat pengantar dari kecamatan
8.       Surat rekomendasi numpang nikah dari KUA domisili.
Nah, lumayan banyak dokumen yang harus kamu lengkapi untuk mendapatkan surat rekomendasi numpang nikah kan? Sekarang aku akan jabarin satu persatu cara mendapatkan dokumen itu sesuai pengalaman yag aku alami ya di akhir desember 2018 – januari 2019.
1.       Pertama, kalian harus fotocopi KTP dan KK sebanyak-banyaknya mungkin 10 per dokumen lebih efektif, karna nanti akan ditinggal dibeberapa tempat. Pastikan KK sudah ada nama orang tua dan nama kamu ya. Kalau belum ada mungkin kamu perlu bawa KTP nama yang belum ada di kk
2.       Kedua, coba kamu ke ketua RT untuk minta surat pengantar untuk membuat surat rekomendasi numpang nikah. Setelah dapat TTD RT kamu bisa langsung ke RW untuk meminta TTD ketua RW. Jangan lupa harus ada cap nya ya
3.       Ketiga, kamu bisa ke kelurahan untuk meminta surat peryataan belum pernah menikah, pihak kelurahan akan memberikan 2 lembar ya inget 2 lembar. Silahkan kamu lengkapi dan kamu TTD dengan materai 6000. Setelah kamu TTD kamu bisa kembali lagi ke RT dan RW unttuk meminta TTD RT dan RW di surat pernyataan itu, ingat ya ada 2 lembar yang di TTD dengan materai dan di TTD RT dan RW dengan cap.
4.       Keempat, jangan lupa fotokopi surat pengantar (yang ada di point 2) dan surat pernyataan belum menikah lengkap ttd rt dan rw (yang ada di point 3) fotokopi 5 lembar masing-masing cukup.
5.       Kelima, silahkan pergi ke puskesmas kecamatan. Kalo aku ke puskesmas kecamatan cakung yang ada di daerah jatinegara kaum. (khusus yang kec cakung, mungkin kecamatan lain berbeda ya prosedurnya) sampai puskesmas, langsung masuk di lobi depan lift ada meja satpam dan pusat informasi, disana nanti kalian bilang aja “mau urus surat nikah” nanti kalian diminta mengumpulkan dokumen pendukung, aku agak lupa apa aja tapi gak keluar dr dokumen yang tadi aku sebutin. Kayaknya ini
a.       FC KTP
b.      FC KK
c.       Surat pengantar RT/RW
d.      Surat pernyataan belum menikah
Aku lupa yang harus asli yang mana, coba kalian tanya aja satpam nya ok? Hehe
Nanti kalian di kasih map dan diminta langsung ke lantai 3, kalo naik lift nanti dr lift kalian ke kanan nanti di depan lab ada ruangan namanya “POLI CATEN” nah kumpulin map nya ke dalam ruangan itu, udah deh duduk nunggu dipanggil sambil ngisi form yang dikasih. Kalo udah dipanggil nanti step pertama kalian akan di cek fisik, kaya tinggi,berat, dll dan kasih aja form tadi. Setelah selesai kalian dikasih kertas untuk cek lab dan imunisasi, nah ada tips nih untuk menghemat waktu kalian bisa ambil antrian dulu di depan apotek itu untuk ke lab cek darah dan kalo antrian masih lama kalian bisa ke lantai 2 dulu untuk imunisasi.
Kalo sudah melewati semua prosedur di puskesmas, kamu bisa langsung pulang dan mengambil sertifikatnya kurang 1-2hr yang akan datang sesuai jadwal yang ditentukan puskesmas.
Ambilnya nanti kalian langsung ke poli caten tempat kalian masuk ruangan poli caten pertama kali, nanti kalian akan dapein sertifikat layak akwin dan hasil pemeriksaan darah berikut golongan darah juga dong
6.       Keenam, kalo kalian sudah dapatkan dokumen sertifikat layak nikah dari puskesmas kalian bisa langsung fotocopi ya..
7.       Ketujuh, kalian bisa siapkan dokumen2 yang sudah kalian dapetin dan masukan ke kelurahan, dokumennya seperti ini
a.       FC KTP
b.      FC KK
c.       Surat pengantar numpang nikah rt rw
d.      Surat pernyataan belum menikah
e.      Sertifikat layak kawin
Tinggal tunggu, dan nanti kalian dapet surat pengantar dari kelurahan yang sudah ada ttd kelurahan di bubui cap, dan kalian juga harus ttd ya jangan lupa. Selain itu nanti kalian juga dapet kertas A5 sebanyak 3 lembar isinya N1, N2, dan N4
8.       Kedelapan, selanjutnya kalian bisa langsung ke kecamatan setempat untuk meminta TTD camat dibubui cap basah tentunya. Jangan lupa syarat nya juga dilampirkan ya syaratnya sama kok
a.       FC KTP
b.      FC KK
c.       Surat pengantar numpang nikah rt rw
d.      Surat pernyataan belum menikah
e.      Sertifikat layak kawin
f.        Kertas pengantar dari kelurahan
g.       N1,N2,N4
Gak perlu antri, kalian Cuma kasih aja ke petugasnya dan ditunggu sebentar.
9.       Kesembilan, duh jangan capek dulu, ini step terakhir !!
Kalo semua perlengkapan dirasa lengkap, langsung cuss ke KUA kecamatan. Dokumen yang dikumpulkan ini ya coba dicek dulu
a.       FC KTP
b.      FC KK
c.       Surat pengantar numpang nikah rt rw
d.      Surat pernyataan belum menikah
e.      Sertifikat layak kawin
f.        Kertas pengantar dari kelurahan
g.       N1,N2,N4
Pastikan semua sudah di cap dan di TTD ya, lalu serahkan ke petugas yang ada di depan KUA dan tunggu dipanggil deh, taraaaaaaa selesai sudah dan kamu akan mendapatkan surat rekomendasi numpang nikah ke daerah yang kamu tunjuk.

Nah, gitu aja nih proses nya kalo kalian mau bangun pagi pulang petang bisa selesai 3 hari sih, semuanya tergantung kecepatan dan keberuntungan kalian hehe, untuk dokumen yang diserahkan asli/FC langsung kalian tanyakan petugasnya ya, soalnya aku agak lupa. Nanti untuk kelanjutannya daftar di KUA dan lain lain akan aku share lagi, makasih semoga membantu !! J


Komentar

  1. Untuk biaya numpang nikahnya berapa ka

    BalasHapus
  2. Surat layak kawin itu harus sama pasangan atau salah satu aja? Di puskes kecamatan masing2 atau pasangan ikut ke salah satu puskes calon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat layak kawin hanya unt wanita kak

      Hapus
  3. Ko calon suami saya ngurus surat numpang nikah kok lama bgt lebih dri 7 harii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ditinggal2 kak, atau petugas daerahnya yg lelet

      Hapus
  4. kalau saya dan calon orang daerah. dan ingin menumpang menikah di jakarta. berarti saya dan calon harus membuat surat pengantar RT/RW dari masing2 daerah kita berasal ya? terima kasih.

    BalasHapus
  5. Kalo yang bikin surat numpang nikah nya yang pria kita yang permpuan bikin syarat kaya yang pria gak biar dapet surat numpang nikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak perlu kak, yg numpang nikah aja yg bikin

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KOPERASI SEKOLAH

AKHLAK BERNEGARA

MAKALAH AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG